nJOWO - group! - SIAGA BANJIR

Link

Tahun Baru dah lewat…Musim Banjir Telah Tiba

Jakarta sudah langganan banjir sekarang…hampir tiap tahun tidak pernah absen dari yang namanya banjir…entah itu banjir kiriman atau apapun sebenranya semua karena ulah kita kita juga yang kurang menjaga alam ini…kalo kita yang dijakarta ini kadang was was kalo bogor hujan lebat…ujung ujungnya ciliwung meluap…ada beberap hal yang perlu kita persiapkan mudah mudah membantu:

1.Amankan ijazah (di tas yang kedap air)letakkan ditempat yang aman dan mudah dijangkau billa terjadi evakuasi,sedangkan barang elektronik dll ditempatkan ditempat yang tidak terjangkau banjir,dilantai 2 jika yang punya loteng jika yang tidak taruhlah diatas lemari.

2. tidak salah jika tiap perumahan punya perahu karet (perahu dari ban bekas)untuk antisipasi jika ada kondisi yang terlalu darurat saat terjadi banjir (ada yang melahirkan atau sakit) jadi tidak saling menunggu bantuan.

3.Siapkan obat obatan darurat (obat diare,demam,dan anti biotik)

4.Siapkan beberapa baju dlm tas yang mudah dibawa untuk ganti jika banjir tak juga surut.

5.Stok beberapa makanan instan dari tempat yang mudah dijangkau

6.siapkan nomer telpon kerabat ,tetangga, teman yang siap membantu evakuasi jika bantuan belum tiba(usahakan yang bisa berenang) dan saling gotong royong,bahu membahu.

7.Yang punya mobil atau motor,jangan nekat kalo sudah tau hujan deras jangan paksakan diri utk keluar rumah (jika tidak darurat),bisa bisa terjebak banjir malah merepotkan pengguna jalan yang lain…INGAT…kendaran kita bukan kapal selam……

8. Gunakan saran angkutan umun seperti Bus way untuk kantor atau tempat yang lain. Disaat beberapa tempat tergenang banjir..disamping lebih aman untuk kendaran kita,kita nanti juga tak akan repot mengurusi claim asuransi…karena Bis mempunyai ground clearance yang cukup tinggi sehingga aman melintasi genangan yang dalam

9.Pasang mata dan telinga.pantau tempat tempat yang rawan banjir,kita hindari bukan kita datangi. karena banjir bukan barang tontonan,

10.Disiplinkan diri kita untuk menjaga lingkungan sekitar kita sendiri karena MENCEGAH LEBIH BAIK DARI PADA KEBANJIRAN….

SEMOGA BERMAANFAAT

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya