Inilah Cangkok Wajah Terbesar di Dunia

Inilah Cangkok Wajah Terbesar di DuniaMay 11, '09 9:32 AM
for everyone
Teknologi
11/05/2009 - 06:01
Inilah Cangkok Wajah Terbesar di Dunia
Budi Winoto

(istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Connie Culp, warga AS adalah pasien pencangkokan wajah pertama yang menunjukkan mukanya pada Rabu (6/5) lalu. Sebelum Culp, dokter di berbagai belahan dunia juga sukses melakukan pencangkokan wajah.

Bedah selama 22 jam yang dilakukan Connie Culp merupakan tranplantasi wajah yang paling besar. Pada 2008 dokter di Cleveland Clinic operasi pertama, termasuk tulang, kulit, pembuluh darah dan pencangkokkan syaraf.

Pada 2008 Pascal Coler dari Prancis yang mengalami neurofibromatosis, tumor wajah yang disebabkan permasalah gen menjalani pancangkokkan oleh dokter dan disebut pencangkokkan wajah penuh pertama yang berhasil.

Ahli bedah di Xinjiang military hospital China pada 2006 berhasil mencangkokkan dagu, bibir atas dan hidung Li Guoxing. Dia diserang oleh beruang saat menjaga dombanya. Dia meninggal dua tahun kemudian setelah mengganti obat kekebalan dengan obat tradisional.

Di Prancis pada 2005 Isabelle Dinoire merupakan orang pertama yang melakukan transplantasi wajah setelah diserang oleh anjing. Lapisan segitga wajah termasuk hidung dan mulut diambil dari orang yang sudah meninggal.[ito]

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya